Aplikasi
MS. Word ini mungkin tidak asing lagi bagi kalangan Master ya hehe…
Disini saya
akan memberikan salah satu contoh bagaimana cara menghitung angka penjumlahan
pada Ms. Word dengan menggunakan rumus hampir mirip sekali dengan memberikan
perintah SUM dengan cara sederhana, yang mungkin sebagian rekan –rekan yang
baru mengenalnya akan kesulitan untuk menjumlahkan nilai pada Ms.Word yang
berbeda dengan Aplikasi Ms. Excel yang tentunya sudah sangat mudah tinggal klik
formula / rumusnya. http://yayangharyana.blogspot.co.id/
Form
dibawah ini adalah salah satu contoh yang simple mungkin belum begitu sempurna
maka untuk itu saya mohon saran dan kritiknya bila ada kesalahan maupun
kekurangan, mari berlanjut lagi….
TOTAL GAJI KARYAWAN
“PT. KENAPA HARUS BINGUNG”
tempat kurson |
- Baik kita simak langkah dan cara bentuk kerjanya seperti dibawah ini :
- Pertama anda siapkan sudah Open run pada Ms. Word
- Buatlah table/form, judul, table yang akan dimasukan nilai dengan angka-angka, yang anda bisa sesuaikan dengan jenis kebutuhan di perusahaan maupun lainnya (gambar 1)
- Simpan / letakan Kursor anda pada tabel (bagian Cell) yang akan anda isi dengan penjumlahan padan Cell Coloumn paling akhir sebelah kanan (Right)
Bila anda sudah mengenal icon pada quick access toolbar maka anda sedinya memilih atau klik Tabulasi Ribbon lalu Insert kemudian memilih pada bagian Quick Parts, kemudian anda memilih pada Form Table yang sudah anda buat dengan menempatkan kurson pada Cell dan pilih Field
- Langkah berikutnya anda tinggal memberikan formula atau rumus pada cell pertama yang akan dijumlahkan dengan cara diatas pilih FIELD kemudian pilih menu Formula
- Keterangan untuk Jam kerja disini saya memberikan nilai 5000/jam dan jam lembur sebesar 6000/jam ( sesuaikan saja dengan kebutuhan)
- Ketikan rumus yang anda pilih contoh=LEFT untuk menjumlahkan sederetan nilai baik angka secara sejajar yang berada di sebelah kiri kemudian arahkan kursor pada tab dan KLIK OK
- Tinggal sedikit lagi anda tinggal masuk ke langkah untuk dimana cell pertama yang sudah diberikan rumus anda tinggal mengcopy_paste saja dengan cara klik kanan pada bagian cell yang belum diberikan rumus bila ada tanda Update Field ( disini anda harus mengupdate Field tersebut dengan cepat klik saja itupun harus koneksi dengan internet)
- Finishing anda akan selesai kepadalangkah berikutnya dimana paling akhir sekali anda untuk menyelesaikan tugas anda untuk memberikan honor/gaji bulanan karyawan dengan tepat dan akurat. Ok diakhir setelah anda memberikan rumus =LEFT pada posisi vertikal kini anda tinggal mengganti nya saja dengan =Above untuk posisi horisontalnya yang mengarah penjumlahan ke atas Columns
- Tinggal anda ikuti langkah diatas dengan benar dan hasilnya tinggal anda yang menentukan Pilih Ms. Word atau Ms. Excel untuk penjumlahan ???
Semoga bermanfaat….Selamat mencoba…..